Keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadhan

1.    Al Qur'an Diturunkan Pada Bulan Ramadhan
“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan  (permulaan ) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda  ( antara yang hak dan yang bathil )” ( Al Baqarah : 185 )

2.    Pintu Langit Dibuka Sedangkan Pintu & Pintu Neraka Ditutup
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

إذا دخل شهر رمضان فتحت أبواب السماء و غلقت أبواب جهنم و سلسلت الشياطين

"Apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu & pintu langit dibuka, sedangkan pintu  pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu"( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )

3.    Diampuninya Dosa - Dosa Di Bulan Itu
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

من صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa - dosanya yang telah lalu" ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )


4.    Lailatul Qadr Ada Di Bulan Ramadhan
Lailatul Qadr ( malam kemuliaan ) adalah suatu malam yang ada pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, yang mana malam tersebut memiliki banyak sekali barakah dan kemuliaan, bahkan satu malam tersebut lebih baik dari seribu bulan.
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar" ( Al Qadr : 1-5 )

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kitab dan Sunnah
ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 2:44:00 PM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Untuk Masukan dan perbaikan buat kami, dan mohon tidak meninggalkan Spam, Tanks.!

 

Flag Counter

free counters

Followers